Daftar Pencairan Bansos Tebaru lewat Aplikasi

Bansos atau Bantuan Sosial adalah program pemerintah yang memberikan bantuan tunai kepada masyarakat kurang mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di seluruh Indonesia.

Dengan bantuan tersebut, pemerintah membagi bantuan BLT BBM senilai Rp150.000 menjadi empat kali cicilan untuk menyalurkan total Rp600.000 kepada masyarakat kurang mampu secara bertahap.

Pemerintah sendiri telah mengalokasikan sejumlah besar dana senilai 12,4 Triliyun untuk disalurkan kepada 20,65 juta rumah tangga Indonesia yang akan menerima manfaat dari bansos tersebut.

Menteri Tri Rismaharini juga bekerja sama dengan pemerintah untuk memastikan bantuan langsung tunai ini tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran.

Selain itu, pemerintah selalu update data sebulan sekali, agar mendapatkan data penerima terbaru, Agar yang belum kebagian bisa mendapatkan juga.

Tapi terkadang orang tidak tepat sasaran yang menerima bansos tersebut, jadi sangat penting untuk memeriksa data penerima BLT sebelum bisa didistribusikan.

Kelompok Dan Besar Bantuan Bansos Kemensos 2023

Berikut ini adalah kelompok dan besaran nominal penerima bantuan langsung tunai dari Kemensos:

  • Ibu Hamil: Rp. 3,000,000.-/Tahun
  • Anak Usia Dini: Rp. 3,000,000.-/Tahun
  • Anak SD/Sederajat: Rp. 900,000.-/Tahun
  • Anak SMP/Sederajat: Rp. 1,500,000.-/Tahun
  • Anak SMA/Sederajat: Rp. 2,000,000.-/Tahun
  • Penyandang Disabilitas: Rp. 2,400,000.-/Tahun
  • Lanjut Usia: Rp. 2,400,000.-/Tahun

Untuk melakukan pengecekan dan pendaftaran sebagai penerima bantuan langsung tunai, sangat mudah dilakukan dengan mengakses Aplikasi Resmi Kemensos melalui Handphone (HP) Anda dengan langkah-langkah berikut:

CARA CEK NAMA PENERIMA BANSOS

Silahkan Klik Link Berikut :

 CEK PENERIMA BANSOS DISINI

Cara Daftar BLT BBM Online

Adapun syarat penerima bansos atau BLT BBM 2022 adalah fakir miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Namun demikian, di Aplikasi Cek Bansos, Anda bisa mengajukan sendiri sebagai penerima BLT BBM 2022 yang nantinya akan ditinjau oleh pemerintah daerah.

Pendaftaran ini ditujukan untuk mendapatkan bantuan total 600.000 untuk keluarga kurang mampu. caranya isilahkan cek berikut ini:

Cara daftar PKH Online dari HP

KH atau Program Keluarga Harapan adalah program perlindungan sosial melalui pemberian uang non tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Mereka yang berhak mendapatkan PKH adalah yang memiliki ibu hamil/nifas/menyusui, dan/atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD, dan/atau memiliki anak usia SD dan/atau SMP dan/atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar.

Selain mendaftar BLT BBM, disini juga kalian bisa mengajukan untuk mendapatkan bantuan sosial PKH yang mana PKH ini menurut data terbaru masih belum merata dan masih banyak yang belum kebagian.

Oleh karena itu, jika kalian merasa kalian berhak mendapatkan Bantuan PKH, tidak ada salahnya jika kalian ikut mendaftar sebagai orang penerima yang berhak.

Cara daftarnya kalian bisa download aplikasi berikut: