Cek Penerima Bansos 2023 Bulan ini

Pemerintah masih berkomitmen untuk membantu masyarakat di tahun 2023 dengan mengalokasikan dana bantuan. Program bantuan sosial yang akan segera disalurkan adalah PKH yang ditujukan untuk beberapa kelompok, seperti ibu hamil dan anak muda yang berhak menerima Rp 3 juta per orang.

Sementara itu, penerima PKH lainnya seperti penyandang disabilitas dan siswa akan mendapatkan bantuan sekitar Rp 900.000 hingga Rp 2 juta.

Berikut sasaran bansos PKH tahun 2023:

  • Ibu Hamil dan anak usia dini 0-6 tahun Rp3 juta.
  • Anak usia SD Rp900.000.
  • Anak usia SMP Rp1,5 juta.
  • Anak usia SMA Rp2 juta.
  • Penyandang disabilitas berat Rp2,4 juta.
  • Lansia mulai 70 tahun Rp2,4 juta.

Untuk memeriksa apakah Anda terdaftar sebagai penerima PKH atau tidak silakan kunjungi tautan: cekbansos.kemensos.

Berikut adalah daftar bansos yang akan disalurkan tahun 2023 bulan ini:

Program Keluarga Harapan (PKH)

Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan bantuan kemanusiaan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada sekitar 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Data tentang penerima manfaat program kesejahteraan sosial mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial yang diperbaharui secara berkala.

Program Kartu Sembako atau BPNT

Tahun 2023, Program Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) menargetkan untuk memberikan bantuan sembako kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap penerima dapat menerima bantuan hingga Rp 200.000.

PBI Jaminan Kesehatan

Program Bantuan Jaminan Kesehatan Nasional (PBI JK) dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan mencakup 96,8 juta penerima manfaat. Penerima manfaat yang terdaftar dalam program PBI JK tidak perlu membayar iuran BPJS Kesehatan.

Program Indonesia Pintar (PIP)

Bantuan tersebut diberikan kepada siswa sekolah dasar (SD) hingga kelas dua atau sederajat. Besaran subsidi yang diberikan masih sama dengan tahun lalu, yaitu: SD sebesar Rp 450.000 dan SMP/sederajat Rp 750.000, sedangkan SMA sebesar Rp1.000.000. PIP untuk SD dan SMP disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI), sementara untuk SMA melalui Bank Negara Indonesia (BNI).

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Program beasiswa KIP (Kemdikbud) menargetkan 908.900 siswa dan dapat diakses melalui situs web Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Penerima beasiswa tingkat akhir akan diberikan bantuan biaya kuliah atau biaya kuliah satu kali (UKT) serta biaya hidup.

>>CEK NAMA PENERIMA